Gag Nickel dan Unit Bisnis Pertambangan Emas Antam Raih Penghargaan Subroto 2024

PT ANEKA Tambang Tbk. (Antam), melalui anak usahanya, PT Gag Nickel, meraih Penghargaan Subroto 2024 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berkat kepatuhan dalam memenuhi kewajiban penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi di sektor ESDM yang diberikan kepada pihak-pihak yang memiliki prestasi luar biasa dalam memajukan sektor tersebut.

Selain Gag Nickel, Unit Bisnis Pertambangan Emas PT Antam juga memperoleh penghargaan atas kontribusinya dalam meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasi. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia, kepada Antam.

Direktur Utama Antam, Nico Kanter, mengatakan, penghargaan ini merupakan wujud komitmen Antam untuk terus berperan aktif dalam mendukung pemberdayaan masyarakat di wilayah operasinya.

“Merupakan komitmen Antam untuk terus memberikan kontribusi optimal bagi masyarakat di seluruh wilayah operasionalnya. Melalui Unit Bisnis Pertambangan Emas, Antam terus menjalankan berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat,” kata Nico, seperti dikutip dari laman Antam, Selasa (15/10/2024).

Menurutnya, salah satu program unggulan yang dilaksanakan Unit Bisnis Pertambangan Emas adalah Pepeling Cisangku (Pelestarian Lingkungan Cisangku) yang bertujuan untuk mengembangkan Model Kampung Konservasi (MKK) Desa Konservasi Cisangku.

Program tersebut dirancang untuk memberdayakan masyarakat di sekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) agar tetap berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekaligus meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Dia menambahkan, program itu juga mencakup inisiatif seperti peternakan domba berbasis masyarakat, pengembangan rumah produksi pupuk bokashi, pembibitan tanaman endemik, dan restorasi hutan. Selain itu, Antam juga mengembangkan ekowisata sebagai sumber pendapatan alternatif bagi masyarakat setempat.

Seluruh kegiatan tersebut berlandaskan pada prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (environment, social, governance/ESG) yang memastikan kegiatan operasional perusahaan berkelanjutan dan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Melalui penerapan prinsip ESG, kami berkomitmen melaksanakan operasi yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, sehingga dampak positifnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” tambahnya.

Penghargaan tersebut di atas menegaskan posisi Antam sebagai perusahaan pertambangan yang tidak hanya berfokus pada kinerja bisnis, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Sebagai perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan, Antam beserta seluruh anak perusahaannya terus berupaya menerapkan kaidah pertambangan yang baik dan menjaga keunggulan operasi agar dapat memberikan kontribusi optimal bagi negara dan seluruh pemangku kepentingan,” pungkasnya. (Shiddiq)

Sumber: nikel.co.id, 16 Oktober 2024